Sabtu, 17 Agustus 2013

spesial edisi untuk HUT RI 68 : Salah Satu Kemirisan di Negeri Ini


Dalam rangka memeringati HUT RI ke 68 ini, saya mau mengajak kalian untuk lebih melihat ke sekitar. lebih prihatin dengan keadaan tanah air kita ini. Lebih peduli terhadap nasib negeri ini...

Jadi gini,

sebenarnya ada sekelumit masalah-masalah kecil di negeri ini yang sebenarnya malah menjadi akar/ inti pokok dari permasalahan besar di negeri ini.

apa itu? sebenarnya ada banyak sekali. tapi berikut ini saya ceritakan salah satunya saja. semoga dapat lebih membuka mata hati kita :) selamat membaca !




kemaren saya pergi ke tempat guru les matematika saya yang dulu. beliau merupakan guru salah satu smk di salatiga. smk nya nggak terkenal. murid-muridnya pun bisa terbilang bukan murid pilihan. ya. beliau merupakan guru yang sabar. nggak perlu disebutin namanya kali ya...

jadi gini, selesai belajar di rumah beliau, beliau bercerita banyak kepada saya dan kembaran saya. dari cerita tentang kelucuan anaknya yang baru lahir, tanya-tanya gimana keadaan saya di IC, sampai tiba-tiba nyambung ke nasib anak-anak muridnya di smk.

miris saya mendengar ceritanya yang ini. ceritanya masih terngiang-ngiang di telinga dan kepala saya. sampai akhirnya saya memutuskan untuk menulisnya disini. beginilah ceritanya :
 
"saya itu ngajar anak-anak smk saya jarang yang bener"
   "lah kenapa mbak emang?" (saya memanggil beliau dengan sapaan mbak)
"jadi gini ceritanya, beberapa bulan lalu pas saya masih hamil kan ada murid saya yang kelas 3 juara satu lagi. dia keliatan tambah gendutan. jadi saya tanyain dia gini: "loh cit (anggap saja namanya dia citra) kok kamu tambah gendutan aja sih?" dia jawab: "lah ibu juga kan?" "naah kalo ini kan saya memang lagi hamil. emang kamu hamil apa?" setelah saya tanya seperti itu sambil bercanda, dia diam saja dan langsung pergi bersama temannya. saya sih biasa aja waktu itu..."
   "nah terus mbak?"
"terus beberapa hari yang lalu temen-temen citra pada main ke rumah saya. silaturahim ceritanya. lalu saya bertanya pada mereka, "citra gimana? nerusin kuliah nggak dia?" yaa wajar saja kan saya bertanya seperti itu. dia kan murid paling pintar di smk dulu. terus mereka malah diem aja. salah satu dari mereka bisik-bisik; "udaah ceritain aja gpp.." saya kan jadi curiga, terus saya tanya lagi, "ada apa emang?" salah satu dari mereka berkata, "anu buk... itu.. jadi sebenernya dulu citra udah hamil duluan pas sekolah. pas lulusan itu dia udah hamil 5 bulan...""
   "astaghfirullahaladziim... jadi..."
"iya. jadi dia ternyata sudah hamil semenjak masih sekolah di smk dan nggak ada salah satu pun orang yang tau di sekoah. katanya ibunya pun sampe bilang begini; "pokoknya saya tidak akan mengurusin anak kamu!". kayaknya sih dia udah dinikahkan sekarang sama cowoknya. padahal cowoknya cuma lulusan smp dan tidak punya kerja."
   "ya Allah miris banget ya mbak"
"saya itu sering lho denger cerita orang-orang yang misal nasibnya sama kayak dia dan punya suami seperti itu juga. jadi, suaminya saat butuh uang, dia nggak mau kerja. dia bahkan MENYURUH ISTRINYA UNTUK MENJUAL DIRINYA. dan istrinya pun biasanya mau-mau aja.."
  "astaghfirullahaladziiim.. apa yaa negeri ini tuh rusak bgt ya ternyata :'( "



yah.. itulah sedikit cuplikannya. sampai sekarang pun saya masih  memikirkan tentang hal itu. bagaimana bisa? seorang suami menyuruh istrinya untuk menjual dirinya demi mendapatkan sejumlah rupiah saja? MIRISSSS !! asal kalian tau, cerita-cerita seperti ini sebenarnya sudah bukan barang asing lagi di sejumlah wilayah di negeri ini. malah mungkin ada yang lebih parah lagi.

Jadi, dari cerita saya yang barusan, dapat diambil banyak sekali hikmah di sana. dan saya yakin kalian sudah tau apa saja itu.. (Y)



KITA, PARA PEMUDA-PEMUDI HARAPAN BANGSA, HARUS BISA MENANGANI SEMUA MASALAH INI DIKEDEPANNYA. bagaimana? dengan menjadi pintar, bermoral, sehingga kita bisa menduduki jabatan-jabatan penting atau mungkin tidak perlu jabatan penting sekali pun dikemudian hari untuk memperbaiki semua masalah-masalah ini. INI MERUPAKAN TUGAS KITA!! TANGGUNG JAWAB KITA!! KITA HARUS PERBAIKI BOBROK-BOBROKNYA NEGERI INI!! KITA BUAT INDONESIA YANG JAUH LEBIH BAIK LAGI DI MASA DEPAN, DI TAHUN ANGKATAN KITA!! KALAU BUKAN KITA SIAPA LAGI?! SEKARANGLAH SAATNYA!! TUNJUKKAN PRESTASI-PRESTASI KALIAN!! JADILAH YANG TERBAIK DARI YANG TERBAIK!! DEMI KITA, DEMI INDONESIA!!!


2 komentar:

  1. I was nearly outraging. Nice story btw (y)

    BalasHapus
  2. masyaAllah. tugas kita nih buat indonesia lebih baik '-')9

    BalasHapus